TPS 3R Reuse, Reduce, Recycle di Desa Muktiharjo Kabupaten Pati Diresmikan

Blora – Acara serah terima hasil pembangunan Tempat Pengolahan Sampah berbasis Reuse, Reduce, Recycle (TPS 3R) Mustiko Joyo Tirto Purwosari Kabupaten Blora, TPS 3R Pulokulon Maju Kabupaten Grobogan, dan TPS 3R Mukti Sejahtera Desa Muktiharjo Kabupaten Pati tahun anggaran 2021 provinsi Jawa Tengah dari Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Jateng Kementerian PUPR yang dilakukan simbolis di Balai Desa Purwosari Kecamatan Blora, Jumat (05/11/2021).

Dalam acara penyerahan tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Bupati Blora, Kepala Dinas Lingkungan Hidup beserta jajarannya, Camat Blora, Forkopimcam Blora, Kepala BPPW Jateng yang diwakili Satker Pelaksanaan Prasarana Pemukiman Wilayah II, Kepala Desa Purwosari, Kepala Desa Pulokulon, Kepala Desa Muktiharjo, serta Kelompok Pemelihara Pemanfaat (KPP) TPS 3R.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Arwani Thomafi mengungkapkan bahwa “Banyak masyarakat mengganggap sampah tidak berguna, dengan adanya program TPS 3R ini nantinya akan menjadi pemicu untuk munculnya inovasi-inovasi lain terkait pengolahan dan pemanfaatan sampah. Kita berharap ini menjadi trigger bagi kita semua.” ungkapnya.

Sedangkan Kepala BPPW Jateng Anggoro Putro mengungkapkan bahwa pembangunan ini melalui pendanaan APBN Tahun 2021. Kementerian PUPR membangun 24 unit TPS 3R di Provinsi Jawa Tengah dengan total anggaran sebesar 14,4 Miliar atau satu unitnya sekitar 600 juta, dengan metode pemberdayaan masyarakat. Anggoro Putro juga mengungkapkan bahwa bantuan ini diwujudkan dalam bentuk pembangunan gedung pengolahan sampah, pengadaan motor roda tiga pengangkut sampah, mesin pengolah sampah organik dan penganyak kompos, serta sarpras pendukung lainnya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan