PROFIL BUMDes

Badan Usaha Milik Desa pada dasarnya merupakan bentuk konsolidasi atau penguatan terhadap lembaga-lembaga ekonomi desa dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga desa melalui pengembangan usaha ekonomi mereka.  Disamping itu, keberadaan BUMDes juga memberikan sumbangan bagi peningkatan sumber pendapatan asli desa (PADes) yang memungkinkan desa untuk mampu melaksanakan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat secara optimal.

BUMDes di Desa Muktiharjo pertama kali didirikan pada tanggal 12 Maret 2016 dengan nama BUMDes Mukti Berkah Mandiri. Kemudian pada tahun 2020 berdasarkan SK Kepala Desa Muktiharjo Nomor 441.1/47 tanggal 19 Februari 2020, nama BUMDes di desa Muktiharjo menjadi BUMDes Jaya Mukti Mandiri. BUMDes ini tidak hanya memiliki usaha yang dioperasikan di kios, tetapi memiliki Green House dan menaungi Bank Sampah dan TPS 3R di desa Muktiharjo, Kecamatan Margorejo, Kabupaten pati.

Maksud pembentukan BUMDes Jaya Mukti Mandiri

Meningkatkan daya guna atas aset dan potensi desa untuk kepentingan sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa, meningkatkan kemampuan keuangan pemerintah Desa Muktiharjo dalam penyelenggaraan kewenangannya, meningkatkan pendapatan masyarakat melalui berbagai kegiatan ekonomi masyarakat, dan sebagai wadah untuk mengorganisasi usaha mikro, kecil, dan menengah yang ada di masyarakat. Hal ini dapat mendukung terjalinnya kerjasama dan mendukung perkembangan desa sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tujuan pembentukan BUMDes Jaya Mukti Mandiri 

  1. Mewujudkan kelembagaan perekonomian masyarakat pedesaan yang mandiri untuk memberikan pelayanan terhadap kebutuhan masyarakat.
  2. Mendukung kegiatan investasi lokal, penggalian potensi lokal, serta meningkatkan keterkaitan perekonomian pedesaan dan perkotaan dengan membangun sarana prasarana perekonomian pedesaan yang dibutuhkan untuk mengembangkan produktivitas usaha pedesaan.
  3. Mendorong perkembangan perekonomian masyarakat desa dengan meningkatkan kapasitas masyarakat dalam merencanakan dan mengelola pembangunan perekonomian desa.
  4. Meningkatkan kreativitas dan peluang usaha ekonomi produktif masyarakat desa yang berpenghasilan rendah.
  5. Menciptakan kesempatan berusaha dan membuka lapangan kerja.
  6. Meningkatkan peluang dan jaringan pasar yang mendukung usaha ekonomi masyarakat.
  7. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan dasar.
  8. Meningkatkan pendapatan asli desa.

Lokasi : Jalan Raya Pati – Gembong (depan SMK N 2 Pati) Desa Muktiharjo Kecamatan Margorejo Pati Jawa Tengah